Friday, September 18, 2009

In Japan.. Resume..

akhirnya isi blog lagi..

halo semua yang masih mau mampir hahaha...

this is the first thing i wrote this blog from the place i had to live in 3 years from last January..

JAPAN..

Yap! saya sudah 9 bulan menjadi ekspaktriat bahasa kerennya atau alien di negeri sakura ini. Iya..!! Alien!! itu memang istilah yang biasa digunakan oleh orang Jepang untuk menyebut orang asing. Kartu penduduk asing pun di beri nama `certificate of alien regristration`.

Ngapain saya disini?

Saya bekerja. alhamdulillah saya adalah salah satu dari angkatan pertama program Engineering Development Program for Indonesia yang diusung Perusahaan yang menggaji saya. Program ini mengharuskan saya dan 10 teman saya yang lain untuk menimba ilmu di negeri Sumo ini selama 3 tahun. Menimba pengalaman kerja bersama-sama orang-orang Jepang disini, belajar cara kerja mereka, etos kerja, cara bekerja sama, pola pikir dan tentu saja bahasa. Lalu setelah 3 tahun kami harus mengabdi di Indonesia selama 5 tahun, tentu saja bukan semata-mata buat Indonesia, di Indonesia memang, tapi tentu saja itu demi perusahaan saya juga, karena pangsa pasar terbesar dan tentunya keuntungan terbesar mereka dapatkan dari Indonesia. Jadi program ini tampaknya adalah investasi mereka untuk meraih keuntungan lebih banyak lagi dari ladang keuntungan utama mereka yaitu Indonesia. Begitu rencananya...

Sudah ngapain saja saya??

Terhitung sudah 3 musim saya rasakan. Duinginnya musim dingin atau Fuyu, indahnya sakura di musim semi atau haru, dan gerahnya musim panas atau natsu. Tinggal warna-warni daun musim gugur atau biasa disebut aki nih yang belum dialamin. sebentar lagi.. sebentar lagi.. atau 3 bulan lagi saya genap 1 tahun berada di sini.

Selain training, belajar dan belajar tentunya juga ada jalan-jalan doong..

Dalam setahun ada 3 kali libur panjang yaitu libur golden week saat musim semi, diisi dengan barbeque, mancing, ikut perayaan atau matsuri, dan melihat gunung fuji. Semuanya berkat ajakan para pengasuh program kami.

Selanjutnya ada libur musim panas, yang ini tepat segera saya pulang berdinas ke Indonesia. Yap. Alhamdulillah. Saya memang beruntung. Tidak seperti teman-teman yang lain, sampai saat ini sudah tiga kali saya mengunjungi Indonesia. Untuk bekerja tentunya, bahasa kerennya business trip lah.. hihi.. meskipun harus berjuang melawan jetlag saat kerja karena pengaturan jadwal yang padat, saya sangat senang sekali karena saya bisa melihat ibu, ayah, dan adik saya, dan tentunya pacar saya.. hihi.. hanya tinggal kakak saya saja yang belum sempat saya lihat. Masih sibuk di Bandung.

Berkaitan dengan bussiness trip ini, pacar saya memberitahu bahwa orang-orang yang mendengar cara bekerja saya ini menjadi terkagum-kagum. Tidak heran si, karena sepintas memang kedengarannya demikian. Setengah bulan bekerja di Jepang dan setengah bulannya lagi bekerja di Indonesia.. what a life?? seems like I am an important person right?? hehehe..

Jujur saya pun merasa demikian, betapa beruntungnya saya. Selain bisa mengunjungi Indonesia secara gratis tiap bulan, saya juga merasa beruntung karena dipercaya untuk mengambil bagian penting dari proyek besar ini. Hey, saya ini belum punya pengalaman loh?? tidak takut gagal apa mempercayai saya?. Dan mereka selalu memuji saya, walaupun menurut saya pekerjaan saya tidak membuahkan hasil, mereka tetap memberikan support. Baiknya supervisor dan senpai saya. Mereka ganteng-ganteng loh, dan baik hati. Si Leader sangat ganteng dan pintar, sayang sudah punya dua anak. Nah si Senpai lumayan ganteng, dan masih single serta baru putus dari pacarnya yang di Italy, sangat amat lucu, menyenagkan, perhatian, dan baik hati, sayang rada sinting. Mereka berdua menjadi pelengkap kebahagiaan saya. Selain karena sering ditraktir makan malam, mereka juga selalu memberi support yang buanyaaaaak sekali terutama soal membawakan barang-barang saya yang buanyak kalo habis dari Indonesia.. hehehehe.. Tidak-tidak, bercanda-bercanda.. support kerjaan tiada tara sungguh yang luar biasa.

Balik lagi ke soal jalan-jalan saat libur, saat libur musim panas ada dua rencana dahsyat yang sudah di canangkan jauh-jauh hari. yaitu mendaki gunung fuji dan pergi ke Tokyo untuk melihat Tokyo Tower dan tentu saja Disneyland!! rasanya tidak afdol ya kalo ke Jepang tidak ke Tokyo dan ke Gunung fuji.. ya gak sii?? lumayan sukses jalan-jalannya, kecuali yang mendaki gunung fuji, selain karena bendera merah putih yang dibawa jauh-jauh dari Indonesia itu tertinggal di apartement, cuaca yang buruk membuat kami hanya bisa melihat kabut. Alhasil pendakian dibatalkan.

Tinggal satu libur panjang lagi yang belum dirasakan.. Libur akhir tahun.. teman-teman sebagian besar berencana pulang ke Indonesia, sudah pada beli tiket, tiketnya sudah di tangan pula katanya. Tetapi saya tidak pulang, karena sudah sering bolak-balik kan, tapi sebenernya sih emang pingin ngerasain hiruk pikuk tahun baru di luar negeri, hehe kedengarannya norak ya??
Tetapi memang itu alasannya,, Sebentar lagi Batari dan Ubi juga akan datang kesini, saya akan mencanangkan untuk merasakan malam pergantian tahun bersama mereka. Harusnya si sang pacar ikutan juga, tetapi pacar lebih memilih mengunjungi saya tahun depan saja saat musim semi. Semoga jadi saja semuanya... amiiin..

After all.. saya mengucap syukur tak terhingga atas rahmat Tuhan yang luar biasa menimpa saya saat ini. Sungguh saya amat merasa sangat beruntung.

Tinggal di luar negeri tidak pernah menjadi impian saya. Apalagi dapat gaji bukan rupiah.. jauh diluar dugaan saya.

Meski banyak pula kesedihan melanda, berantem besar misalnya hingga tidak sapaan sampai saat ini (ya..ya.. aku tahu ini aib tapi ini adalah masalah terbesar saya sampai saat ini dan belum juga ada cahaya terang yang menunjukan ini akan berakhir), atau seperti saat ini menyendiri saat malam-malam mendekati lebaran saat yang lain sedang bercengkerama dengan keluarga tercinta setelah berjam-jam mengikuti hiruk pikuk mudik. Jujur saya saat ini sedang bersedih karena tidak bisa membantu mama menjaga toko yang sedang ramai pengunjung. Bersedih karena membayangkan tidak bisa mencium tangan dan pipi mama papa sesudah solat ied untuk sungkem. Bersedih.. homesick.. sungguh sedih..

Tapi.. Karena itulah saya menulis ini.. Mengurutkan semua keberuntungan yang Allah berikan untuk saya selama ini.. Agar saya mengingat kembali bahwa tak sepatutnya saya sering bersedih.. Karena saya beruntung..

Ya.. saya beruntung.. jadi nikmatilah hidupmu Uqi..

dan Nikmat Tuhanmu yang mana lagi kah yang engkau dustakan??

Lets say.. Alhamdulillah..

1 comment:

Floresiana Yasmin said...

Qiii, ditunggu ya postingan2nya di blog ini. Sering2 ngepost dong. Gue kan suka bacain. Hehehe.

PS. Update dan link blog lo gue taro di blog gue ya. (minta ijin tapi maksa)